Pengertian Mesin Fotocopy

Written by PT. Mulya Mitra Coperindo on . Posted in Blog


Pengertian Mesin Fotocopy | Sejarah Perkembangan Mesin Fotokopi

Chester Flood Carlson lahir 8 Februari 1906 dikawasan kota Seattle, Washington. Mesin fotokopi atau mesin fotokopi merupakan peralatan kantor yang berfungsi untuk membuat salinan ke atas kertas dari berbagai sumber, seperti dokumen, buku, ataupun file-file sumber lain. Pada jaman dahulu, mesin fotokopimenggunakan sistem xerografi, yaitu proses kering yang bekerja dengan bantuan listrik dan panas. Sementara itu, mesin fotokopi lainnya ada yang menggunakan tinta.

Sejarah Penemuan Mesin Fotokopi
Sejarah awal mesin fotokopi diawali dengan penelitian dan percobaan yang sangat panjang. Awalnya, penemu sistem Xerografi, Chester Carlson, bekerja sebagai penyalin dokumen paten pada sebuah perusahaan yang dipimpin oleh Chester Flood Carlson penganalisis paten. Untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaannya, Carlson berpikir untuk membuat sebuah alat yang dapat mencetak dokumen secara berulang-ulang.
Untuk mendukung idenya tersebut, Carlson pun membaca dan mengkaji berbagai referensi tentang mesin cetak. Setelah membaca dan mengkaji segala macam referensi mengenai mesin cetak, akhirnya ia menemukan konsep elektrofotografi yang sekarang dikenal sebagai mesin fotokopi.
Pada 1938, Carlson membuat eksperimen kecil dengan memanfaatkan bubuk jelaga (karbon), penyinaran cahaya, dan memindahkan suatu tulisan dari sebuah medium ke medium yang lain. Carlson pun memanfaatkan konsep yang disebut photo-conductivity, yaitu sebuah proses perubahan elektron yang diakibatkan adanya pengaruh cahaya. Pada dasarnya, dengan proses photo-conductivity, gambar dapat digandakan melalui proses perubahan elektron tersebut.
Mayoritas literatur menyebutkan bahwa Carlson menciptakan proses mengkopi dengan memanfaatkan energi elektrostatik, yaitu xenography (xenografi). Nama xenography berasal dari bahasa Yunani, yaitu radical xeros yang berarti ‘kering’ dan graphos yang berarti ‘menulis’.
Dalam proses xenography, tidak melibatkan cairan kimia, tidak seperti teknologi sebelumnya. Dengan teknik ini, Chester Carlson telah menemukan cara yang merombak paradigma penulis ulangan sebuah dokumen yang selanjutnya disebut fotokopi. Kemudian, teknik ini dipatenkan pada 6 Oktober 1942.
Selama beberapa tahun, Carlson mencoba menyempurnakan temuannya itu. Meskipun sangat banyak manfaatnya, mesin elektrofotografi ini tidak diminati karena mesin tersebut dianggap tidak mempunyai masa depan yang menjanjikan. Carlson yang berhasil menciptakan alat itu pun harus berjualan konsep selama bertahun-tahun lamanya agar mesin fotokopi itu dapat dijual di pasaran.
Banyak perusahaan besar, seperti Kodak, yang memproduksi peralatan dan pemotretan, IBM dan General Electric, menolak temuan Carlson. Setelah hampir putus asa, Carlson mendapatkan mitra pertama, yaitu Batelle Memorial Institute yang bersedia memberikan modal usaha.
Setelah itu, Carlson dan Batelle Memorial Institute berhasil meyakinkan Haloid Corporation, sebuah perusahaan menengah yang menjual kertas foto. Haloid Corporation menjadi mitra untuk mengembangkan temuan Carlson.
Sejarah Xerox Sebagai Merek Jual Fotokopi
Haloid Company mengubah nama mesin fotokopi pertama yang menggunakan sistem elektrofotografi karena kurang memiliki nilai jual. Kemudian, sebuah nama diusulkan, yaitu Xerography. Nama Xerography menjadi komersial setelah diadopsi oleh Xerox Corporation.
Salah satu produk awal Xerox, yaitu Xerox 914, sebuah mesin fotokopi otomatis pertama yang memanfaatkan proses xenography. Penamaan Xerox 914 merujuk pada kemampuan mesin dalam mengkopi kertas dengan ukuran 9 inci x 14 inci (229mm x 356mm).
Xerox 914, yang bisa mengkopi hingga 100 ribu kertas per bulan, sangat populer di kalangan masyarakat pada masa itu. Produk ini menyumbang pendapatan pada perusahaan hingga 60 juta dolar AS. Kesuksesan mesin fotokopi Xerox membuat perusahaan untuk mengubah namanya dari Haloid menjadi Xerox pada 1958.
Sampai sekarang, CANON telah menduduki sebagai perusahaan mesin fotokopi dan printer terbesar serta terkenal di dunia dari tahun 2000. Perusahaan ini bermarkas di Stamford, Connecticut, Amerika Serikat.



Tags: , , , , , , , ,

Trackback from your site.

PT. Mulya Mitra Coperindo

PT. Mulya Mitra Coperindo melayani pemesanan ke seluruh Indonesia, untuk info atau pemesanan bisa mengubungi 021-7430 413 / 0812 8800 3660 | Jl. Pahlawan No 7A Rempoa-Situ Gintung Ciputat Timur Tangerang Selatan 15412. Dekat ( Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta )

Berikan Testimonial


  • Icon 02

    Cara Pemesanan

    Untuk kenyamanan, anda bisa melakukan pembayaran saat barang telah kami antar sampai ke tujuan.

    Detail COD

  • Icon 03

    Lokasi Kami

    Lihat lokasi kami dengan peta dari google maps yang memudahkan anda untuk mengetahui lokasi kantor kami.

    Info Lengkap

Inline HTML

aa


tres
Bicara langsung dengan kami

Isi nama berserta email anda untuk berbicara dengan kami.

Hallo, dengan staff Mulya Mitra Coperindo . ada yang bisa kami bantu ?

CV. Mulya Mitra Coperindo