Proses Copy Mesin Fotocopy

Written by PT. Mulya Mitra Coperindo on . Posted in Blog


Mesin fotokopi adalah peralatan kantor  yang membuat salinan ke atas kertas  daridokumenbuku, maupun sumber lain. Mesin fotokopi zaman sekarang menggunakanCanon Digital Multifunction IR ( Image Runner ), proses kering yang bekerja dengan bantuan listrik maupun panas. Mesin fotokopi lainnya dapat menggunakan tinta/toner.

Prinsip kerja

  1. Pencahayaan pada mesin foto kopicahaya yang sangat terang yang dihasilkan dari lampu expose yang menyinari dokumen yang sudah diletakkan di atas kaca dengan posisi terbalik ke bawah pada kaca, gambar pada dokumen kemudian akan dipantulkan melalui lensa, kemudian lensa akan meangarahkan gambar tersebut ke arah tabung drum. Tabung drum adalah silinder dari bahan aluminium yang dilapisisi dengan selenium yang sangat sensitif terhadap cahaya.
  2. Gambar yang lebih terang pada permukaan drum pada mesin foto kopi akan mengakibatkan elektron-elektron muncul dan menetralkan ion-ion positif yang dihasilkan oleh kawat pijar ( corona wire ) sebelah atas drum ( kawat 1 ), sehingga pada permukaan yang terang tidak ada elektron yang yang bermuatan, sedangkan pada cahaya yang yang lebih gelap akan menghasilkan tidak terjadi perubahan muatan, tetap bermuatan positif.
  3. Serbuk pada mesin foto kopi yang berwarna hitam ( toner ) bermuatan negatif yang berada pada depeloper, akan tertarik oleh ion positif pada permukaan drum,
  4. Tegangan tinggi DC pada mesin foto kopi yang diberikan pada kawat pijar ( corona wire ) membuat drum bermuatan positif, kawat pijar ( corona wire ) terdapat dua buah, satu terdapat diatas drum ( kawat 1 ), dan di bawah drum ( kawat 2 ).
  5. Selembar kertas pada mesin foto kopi yang dilewatkan di bawah drum ketika drum berputar, sebelum kertas mencapai drum terlebih dahulu kertas dijadikan bermuatan positif oleh kawat 2, sehingga toner yang menempel pada kertas akan tertarik dengan sangat kuat ke kertas, karena gaya tarik muatan positif pada kertas lebih kuat dari pada muatan positif pada drum ditambah lagi dengan gaya gravitasi
  6. Berikutnya kertas akan di lewatkan melalui du buah rol panas pada mesin foto kopiyang saling bertekanan, panas dari kedua rol tersebut akan melelahkan toner yang kemudian akan menempel erat ke kertas.peristiwa ini akan menghasilkan copian atau salinan gambar yang sama persis dengan aslinya.
  7. Setelah toner turun ke kertas pada mesin foto kopi kemudian silinder drum akan terus berputar sampai melewati blade (cleaning balde) pembersih drum kemudian melalui kawat 1 (primary corona wire), sehingga drum kembali bermuatan positif dan siap kembali disinari terus berulang-ulang.




Tags: , , ,

Trackback from your site.

PT. Mulya Mitra Coperindo

PT. Mulya Mitra Coperindo melayani pemesanan ke seluruh Indonesia, untuk info atau pemesanan bisa mengubungi 021-7430 413 / 0812 8800 3660 | Jl. Pahlawan No 7A Rempoa-Situ Gintung Ciputat Timur Tangerang Selatan 15412. Dekat ( Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta )

Berikan Testimonial


  • Icon 02

    Cara Pemesanan

    Untuk kenyamanan, anda bisa melakukan pembayaran saat barang telah kami antar sampai ke tujuan.

    Detail COD

  • Icon 03

    Lokasi Kami

    Lihat lokasi kami dengan peta dari google maps yang memudahkan anda untuk mengetahui lokasi kantor kami.

    Info Lengkap

Inline HTML

aa


tres
Hubungi Kami

Maaf, kami sedang offline, namun anda tetap bisa mengirimkan pesan .
Jam kerja
Senin - Jumat : 08.00-17.00
Sabtu : 08.00-16.00

Hallo, dengan staff Mulya Mitra Coperindo . ada yang bisa kami bantu ?

CV. Mulya Mitra Coperindo