Tips Merawat Mesin Fotocopy

Written by PT. Mulya Mitra Coperindo on . Posted in Blog


Tips Merawat Mesin Fotocopy | Hampir di semua wilayah Indonesia mengalami musim hujan. Tidak ada salahnya untuk menghadapi musim penghujan yang mengakibatkan banyaknya penyakit, banjir dan masalah lainnya kita wajib mencegahnya terutama bagi para pengusaha fotocopy.

Tips dibawah ini akan membantu anda didalam merawat mesin fotocopy diwaktu musim hujan :

  1. Bersihkan ruangan anda dari sisa makanan apapun itu. Supaya tidak kotor dan mengundang tamu tidak diundang malam hari  salah satunya hewan pengerat tikus. Anda tahu musim hujan cuaca dingin dan tikus butuh tempat yang hangat dan lembab.
  2. Pastikan atap genteng anda tidak bocor sehingga ketika hujan deras bocoran air tidak mengenai mesin fotocopy kesayangan anda

mungkin pertanyaan tersebut akan muncul setelah anda membaca sub judul diatas. Sebenarnya hewan yang bernama tikus ( mouse ) tidak ada hubungannya sama sekali dengan mesin fotocopy, tetapi jika anda mempunyai sebuah usaha copy center atau usaha fotocopy dan kebetulan lokasi atau tempat usaha anda terdapat tikus sebaiknya anda perlu waspada dan hati-hati karena hewan satu ini akan sangat berbahaya jika sudah menganggap mesin fotocopy adalah tempat yang nyaman untuk bersarang. Hewan tikus memang senang dengan tempat yang pengap dan tikus senang bersarang didalamya, seperti didalam mesin fotocopy. Sudah kita ketahui tikus termasuk binatang pengerat yang suka memakan apapun termasuk juga kabel-kabel yang ada didalam mesin fotocopy. Nah, jika hal ini sudah terjadi maka dapat dipastikan mesin anda akan mengalami kerusakan bahkan bisa matot alias mati total, dan jika hal ini sudah terjadi akan sangat disayangkan jika mesin atau aset yang kita gunakan untuk usaha kita rusak atau bahkan tidak berfungsi hanya dikarenakan ulah seekor tikus. Maka dari itu jangan anggap sepele hewan yang satu ini. Setidaknya hal ini pernah dialami salah satu customer kami yang berada di daerah Sumedang Jawa Barat.

Tak ada padi, kabel mesin pun jadi

Sudah kita ketahui tikus adalah hama yang suka memakan padi dan tikus adalah musuh para petani, tetapi jika tikus berada didalam rumah atau toko tempat kita melakukan usaha copy center, tikus wajib kita anggap musuh utama bagi kita. Karena hewan satu ini senang sekali memakan apapun yang dianggap menghalangi jalan dia lewat ataupun sesuatu yang menghalangi untuk bersarang tidak terkecuali kabel-kabel yang berada di dalam mesin fotocopy.

Salah satu customer kami pernah cerita saat itu musim liburan sekolah dan beliau berniat meliburkan usahanya selama satu minggu karena kebetulan usaha fotocopynya hanya melayani untuk fotocopy sekolah-sekolah dan pesantren yang terdapat di dekat lokasi usahanya tersebut. Setelah satu minggu beliau berniat membuka warungnya tersebut, dan saat dia mau menghidupkan mesinnya ternyata mesin fotokopinya matot atau mati total dan setelah dia cek ternyata kabel-kabel yang berada dalam mesin tersebut pada putus dimakan tikus, bahkan didalam mesin terdapat sarang tikusnya. Alhasil mesin tersebut tidak dapat digunakan untuk usaha lagi hanya karena ulah se ekor tikus.

Pencegahan agar terhindar dari serangan tikus

Berkaca dari kejadian diatas, sebaiknya kita melakukan antisipasi dari serangan hewan tikus. Sebenarnya yang perlu kita lakukan adalah hal sepele tetapi hal ini akan sangat efektif untuk menghindarkan mesin kita dari ancaman tikus. Yang perlu kita lakukan diantaranya adalah;

  • Membuka cassete atau rak kertas

usahakan sebelum kita meninggalkan mesin dalam waktu yang agak lama kita membuka cassete atau rak kertas, hal ini bertujuan untuk menjaga jika tikus masuk ke mesin kita dia tidak akan bersarang dan berdiam karena ada ruang untuk jalan, yang sering terjadi adalah tikus akan memakan apapun yang menghalangi jalannya karena dia tidak menemukan jalan untuk keluar dari mesin, untuk menghindari hal tersebut kita hanya perlu membuka cassete atau rak kertas.

  • Membuka cover belakang

Sama halnya ini kita lakukan untuk bertujuan agar tikus jika masuk ke dalam mesin tidak bersarang karena ada akses atau jalan untuk tikus lewat.

  • Jangan membungkus mesin dengan plastik atau kain

sebaiknya hindari membungkus mesin dengan plastik atau kain saat kita mau meninggalkan mesin kita dalam waktu yang agak lama, karena tikus akan senang sekali bersarang dengan tempat yang hangat dan pengap.

Sebenarnya hal-hal sepele diatas sering kita acuhkan atau kita sepelekan tetapi untuk mencegah dan menghindari dari serangan tikus tidak ada salahnya kita melakukanya, sesuai dengan peribahasa bahwa “mencegah lebih baik daripada mengobati”

 

Demikian tips dari kami. Semoga bermanfaat

Salam Hebat

 

Sumber : www.ptudm.com



 


Tags: ,

Trackback from your site.

PT. Mulya Mitra Coperindo

PT. Mulya Mitra Coperindo melayani pemesanan ke seluruh Indonesia, untuk info atau pemesanan bisa mengubungi 021-7430 413 / 0812 8800 3660 | Jl. Pahlawan No 7A Rempoa-Situ Gintung Ciputat Timur Tangerang Selatan 15412. Dekat ( Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta )

Berikan Testimonial


  • Icon 02

    Cara Pemesanan

    Untuk kenyamanan, anda bisa melakukan pembayaran saat barang telah kami antar sampai ke tujuan.

    Detail COD

  • Icon 03

    Lokasi Kami

    Lihat lokasi kami dengan peta dari google maps yang memudahkan anda untuk mengetahui lokasi kantor kami.

    Info Lengkap

Inline HTML

aa


tres
Bicara langsung dengan kami

Isi nama berserta email anda untuk berbicara dengan kami.

Hallo, dengan staff Mulya Mitra Coperindo . ada yang bisa kami bantu ?

CV. Mulya Mitra Coperindo